Post Page Advertisement [Top]

BeritaInfoJurnalis warga

2 Jurnalis Warga Ikuti Pelatihan Penyusunan APBDesa

Banjarnegara (suarawargabelik.com) Dua Jurnalis warga dari dua Desa yakni Sikasur dan Kuta mengikuti pelatihan penyusunan APB desa 2018.Peserta sejumlah 40 orang yang diikuti oleh 8 desa dan 3 kecamatan sasaran program yang di selenggarakan oleh Forum masyarakat sipil (Formasi) dan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tgl 7 sampai dengan 9 Nopember 2017 di Hotel Surya Yuda Jalan Rejasa Banjarnegara Jawa Tengah.

Acara dibuka pukul 20.00 WIB oleh Yusuf Murtiono selaku Dewan Presidium Formasi sekaligus sebagai Narasumber. Beliau menjelaskan tentang Dana Desa (DD) adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan bagi desa yang di transfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan.

" Tiga indikator efektivitas penggunaan dana desa yaitu,untuk meningkatkan ekonomi desa,meningkatkan partisipasi masyarakat desa dan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas warga desa," paparnya.

Dan pada hari kedua di jelaskan tentang kedudukan keuangan desa dan pengertian tentang APB Desa yaitu rencana keuangan tahunan pemerintah desa. APB Desa meliputi pendapatan,belanja dan pembiayaan desa.

Pada sesi diskusi para peserta berlatih menyusun APB Desa ,dan memaparkan hasil diskusi yang di pandu oleh Fuad Habib selaku direktur operasional dari Formasi.

Salah satu peserta dari Brebes  Seger mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali sebagai sarana belajar untuk menuju pemerintah desa yang lebih baik sesuai dengan regulasi.

" Hal ini tentu bertujuan agar tidak ada penyimpangan penggunaan dana desa," pungkasnya. (SPTM/LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]