Post Page Advertisement [Top]

pendidikan

Menuju Desa Tuntas Wajar Dikdas, Pemdes Sikasur Adakan Program Kejar Paket

Sikasur(suarawargabelik.com) - Dalam rangka penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (WajarDikdas),  Pemerintah Desa Sikasur mengadakan program sekolah kejar paket B dan C yang bertempat di Gedung SDN 03 Sikasur Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (11/10).

Kegiatan wajib belajar ini sudah berlangsung kurang dari dua tahun. Akan tetapi karena Sumber Daya Manusianya yang rendah, sehingga kegiatan ini kurang diminati masyarakat. Padahal selama berjalan, kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Salah seorang tutor paket C Bambang (52) mengungkapkan, dirinya sudah berusaha mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat untuk meminta anggaran guna menunjang paket belajar ke dinas yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pemalang. Namun, hal itu tidak dapat terealisasi, sehingga dengan terpaksa tahun ini dipungut biaya sebesar 35 ribu perbulan.

“ Saya sebenarnya sangat berat menyampaikan hal ini pada semua peserta, akan tetapi kalau tidak saya sampaikan juga mau diambilkan dana darimana untuk biaya operasional,” ungkapnya.

Pada tahun 2017, lanjut Bambang, sedikitnya pemerintah Kabupaten Pemalang sudah meluluskan sekitar 105  siswa yang harusnya berjumlah 106,  karena yang satu siswa tidak mengikuti ujian sehingga dari Pemerintah tidak bisa meluluskan.

Salah seorang peserta wajib belajar Mustaqim (42) mengatakan, sangat senang dengan program tersebut,  karena dari Pemerintah Desa mau mengadakan program ini. Sehingga dapat membantu anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah namun memiliki keterbatasan biaya.

“ Harapan dari seluruh peserta wajib belajar ini adalah ijazah yang akan diperoleh nantinya akan bermanfaat untuk masa depan agar bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.
(NF JW Sikasur editor Lukman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]