Post Page Advertisement [Top]

BeritaInfokesehatan

Kehadiran Pasar Siparuk, Perhatikan Kebersihan

Sikasur (suarawargabelik.com) – Hadirnya pasar Siparuk di Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang selain sebagai penunjang ekonomi masyarakat juga memperhatikan kebersihan lingkungan pasar.

Salah satu pedagang kelontong, Purwanto (30) mengatakan, kebersihan pasar ini diharapkan tidak menjadi tempat yang kumuh seperti pasar pada umumnya, karena menurutnya kebersihan pasar akan mempengaruhi kesehatan para penjual dan pembeli khususnya para perempuan yang kerap kali berbelanja.

“ Transaksi jual beli yang ada ternyata tidak hanya dari masyarakat Dukuh Siparuk dan Desa Sikasur saja, akan tetapi dari masyarakat desa tetangga, yakni Simpur dan Karangmoncol. Hal ini yang menjadikan semakin banyak orang berlalu lalang. Semoga tetap terjaga kebersihan di lingkungan pasar,” katanya.

Pasar Siparuk hadir sebagai wujud dari pelaksanaan Undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara luas. 

Tidak hanya kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan warga sekitar, akan tetapi hadir pula kios yang menampung hasil tani dari warga. Hj.Warni (52) Salah satu pedagang dari Dukuh Sodong  Desa Sikasur, Kecamatan Belik menjual hasil tani warga yang dihargai sesuai harga pasar umumnya. "Yang dijual tidak hanya beras, tetapi juga singkong, ubi dan hasil tani lainnya," tuturnya.

Pasar yang sempat sepi pada awal didirikan itu kini ramai, beragam komoditi dijual disana, tak hanya kebutuhan sehari-hari dan hasil tani. Bahkan jasa bengkel dan tambal ban pun kini hadir disana sebagai bentuk dari antusiasme warga terhadap hadirnya pasar.

 Harapan warga Sikasur, pasar yang saat ini menjadi pusat perekonomian yang terjangkau lokasinya dan terjaga kebersihan lingkungannya. (Ririz JW Sikasur editor Lukman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]