Post Page Advertisement [Top]

Berita

Jurnalis Warga Harus Kritis dan Membangun

Sikasur (suarawargabelik.com) - Bertempat di jalan Gili Tekek warung makan lesehan Zigan minggu (8/10), Pemred Jurnalis cbmnews.net, 15 jurnalis warga (JW) bersama koordinator JW Belik mengadakan acara Mentoring Plus yang dihadiri beberapa JW dari tiga desa yakni Desa Kuta, Desa Sikasur dan Desa Bulakan.

Dalam acara tersebut, Bahrul Ulum selaku Pemred Jurnalis Warga (JW) dari Brebes memaparkan tentang bagaimana caranya membuat berita yang bisa memberi dampak perubahan terhadap kepentingan masyarakat.

Dia juga mengajarkan, bagaimana cara menulis untuk JW pemula yang mungkin bisa diawali dengan berita-berita ringan atau seremonial bagi desa yang resistensi.

"Buatlah berita yang seremonial dulu saja, lebih mudah dan bisa menjadi bahan latihan untuk ke arah penulisan yang sedikit investigasi, contoh yang mudah adalah JW harus bisa membuat berita acara ini," jelas Bahrul.

Sementara itu, salah satu JW yg hadir Yu nah mengatakan, saat dimentoring sama narasumber,  itu seperti sedang menonton stand up comedy, pasalnya narsum itu bisa mengajari sambil di sertai karangan kisah-kisah lucu yang berkali-kali membuat peserta tertawa terpingkal-pingkal.

Ulum juga mengoreksi langsung liputan yang dibuat peserta, mana yang sesuai kaidah penulisan jurnalistik. " Belajarlah dalam menulis secara bertahap, setiap kesalahan segera diperbaiki, dan teliti kembali ketika ada perubahan atas editor liputannya, semakin sering menulis dan mengirimkan reportase pemberitaan, maka semakin pandai dalam merangkai kata dan alur penulisan," imbuhnya.

Sebelum penutupan acara, Narsum dan  Koordinator JW berharap agar dalam satu bulan kedepan,sedikitnya per JW  bisa menyetor lima berita berkaitan dengan Adminduk, Pendidikan, Kesehatan dan difabel, lalu berita akan dikoreksi oleh admin group kemudian diunggah di website yang sudah disediakan. (Kontributor Dyah JW Sikasur Editor Lukmanul Hakim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]