Post Page Advertisement [Top]

Berita

Ciptakan Rasa Aman, Warga Bulakan Buat Poskamling

Poskamling Bulakan Kecamatan Belik - Foto Untung

Bulakan (suarawargabelik.com) -  Kepala Dusun Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang  Untung Ma'murodi (34) mengatakan, inisasi berdirinya poskamling untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas ataupun pencurian dilingkungan dusun. " Poskamling didirikan lewat dana swadaya sebanyak 80 rumah yang tinggal diminta iuran untuk merealisasikan poskamling, lewat sarana ini diharapkan warga bisa merasakan rasa aman dan nyaman," ungkapnya pada saat acara mentoring plus di RM Zigan Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Minggu (28/1/208). 

Ia menambahkan, berdirinya pos kampling di Dukuh Karang ini dikarenakan untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus merealisasikan hasil musyawarah dusun untuk memiliki poskamling yang berada ditengah-tengah lingkungan dusun. " Guna mensukseskan keberlanjutan program poskamling, maka setiap warga nanti akan ditarik iuran berupa jimpitan, yang besarannya disepakati yakni seribu rupiah tiap hari, dan warga mendapatkan giliran ronda tiap bulan hanya sekali saja," imbuhnya. 

Sementara itu Salah satu Warga juga sebagai ketua RT Tasro (43) mengapresiasi hasil keputusan warga, dan ini sebagai wujud partisipasi warga dalam ketertiban dan keamanan kampungnya. " jimpitan yang ada tidaklah besar, namun jangan lihat berapa nilainya, yang penting ketika jimpitan terkumpul bisa digunakan untuk kebutuhan perbaikan poskamling dan juga dana sosial warga jika suatu saat dibutuhkan," katanya. 

Bagi warga yang tidak ikut poskamling pada jadwal yang ditentukan, maka hasil kesepakatan bersama mereka harus membayar denda dengan besaran Rp. 10 ribu diserahkan kepada petugas saat tidak berangkat. 

Kadus Untung Ma'murodli berharap, bagi Dukuh Sawangan, Kaligeji, Bulakan Timur dan Bulakan Barat juga mendirikan Pos Kampling untuk keamanan Dukuh masing-masing. ( Fuani-Hikmah-Untung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]