Post Page Advertisement [Top]

kesehatan

Dinkes Kecamatan Belik Antisipasi penyakit TB


Belik (suarawargabelik.com) - Dinas kesehatan kecamatan Belik terus berupaya melakukan pencegahan dan antisipasi penyebaran penyakit menular Tuberculosis  (TB) dengan menugaskan ke setiap kader kesehatan yang ada didesa-desa untuk melakukan deteksi dini dengan cara mencari dan melakukan pendekatan kepada warga yang terindakasi menderita batuk berkepanjangan atau terlihat memiliki gejala serupa dengan penyakit paru-paru.

Kader kesehatan Desa Sikasur Nurfatikhah ( 35) menemui petugas laboratorium Puskesmas Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, guna untuk menyerahkan sample atau contoh dahak dari warga yang dicurigai mengidap tuberculosis atau sering disebut (TB).

" Kalau saya perhatikan orang nya sering batuk, badannya kurus dan suhu badannya sering demam.Makanya saya membujuk agar mau diambil dahaknya untuk dites, kalaupun negatif ya Alhamdulillah dan kalau positif agar segera dapat pengobatan," ungkapnya.

Disampaikan juga oleh petugas labarotorium Puskesmas Belik, Bari mengatakan, bahayanya penyakit TB itu tidak hanya untuk si penderita tapi mengancam anggota keluarganya atau orang-orang yang berada disekelilingnya,makanya upaya ini terus menerus digalakkan agar masyarakat terlindungi dari penyakit berbahaya menular sejenis TB.

  Tidak hanya pencegahan, tetapi pemikiran positif itu juga penting, tidak boleh terlalu ketakutan akan tertular,karena jika sugesti itu tinggi maka secara tidak sadar bisa menurunkan daya tahan tubuh,dan bisa tertular beneran nantinya,” pungkasnya. (DYNH/LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]