Post Page Advertisement [Top]

kesehatan

Bukan Hanya Wanita, Pria pun Dianjurkan KB

Kuta (suarawargabelik.com) - Demi terciptanya Keluarga yang sejahtera, Pemerintah Desa Kuta Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang mengadakan sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertempat di Gedung Balai Desa Kuta, Selasa (07/11).

Kegiatan ini di hadiri oleh 20 orang warga masyarakat  Desa Kuta, dan masing-masing perwakilan dari perangkat desa, RT dan masyarakat.

Perwakilan dari Kepala Desa Kuta Sodikin (43) mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan ini. "Dengan adanya program dari pemerintah,marilah kita ikuti,kita songsong bersama,karena pemerintah mendakan program apapun tidak akan pernah merugikan masyarakatnya,melainkan untuk memajukan/mensejahterakan rakyatnya," ungkapnya. 

Pelaku pria utama KB Pasektomi/MOP (Medis Operasi Pria)  Kusnanto(61) memaparkan, pertama kali pemerintah mengadakan pada tahun 1988,dan hanya di lakukan di Rumah Sakit Semarang dan saat itu di ikuti sejumlah 426 orang laki-laki Se-Kabupaten Pemalang.

" Sebelum melakukan KB, saya sempat menanyakan hal tersebut kepada seorang kyai yang bernama Kyai Kastolani. Apakah hukumnya seorang laki-laki  mengikuti KB seperti halnya di lakukan oleh kaum Hawa (perempuan).  Dan beliau menjawab, hukumnya tidak haram laki-laki yg ikut KB asalkan di niati dengan bismillah dan bertujuan baik untuk kesejahteraan kesejahteraan keluarganya," paparnya.

Koordinator Penyuluh KKBPK Lapangan,Kecamatan Belik Tri Harsono (53) mengatakan, jumlah penduduk semakin hari semakin bertambah. Kematianpun setiap hari selalu ada.

" Karena penduduk memiliki peran ganda dalam pembangunan, maka dari itu marilah Bapak-bapak yang hadir pada hari ini, ikutilah program KB Vasektomi /  Medis Operasi pria (MOP). Hal ini bertujuan untuk membentuk keluarga kecil dan sejahtera. Dua Anak Cukup !," katanya.

Pelaksanaan KB untuk pria di lakukan di Rumah Sakit Tentara (Tegal) dan Klinik Sakinah (Pemalang). Dalam 1 hari hanya bisa menerima pasien 5 orang saja,dan untuk laki-laki yg akan melakukan KB V asektomi atau Medis Operasi pria (MOP) ttidak di pungut biaya (gratis). Sedangkan untuk perempuan atau Medis Operasi Wanita (MOW) dikenakan biaya Rp.300 ribu," pungkasnya.
 (HN/LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]