Post Page Advertisement [Top]

Berita

Karyo (40) Cacat Fisik Bukan Halangan Untuk Berkarya



Kuta (suarawargabelik.com) – Kekurangan fisik yang dimilikinya bukan halangan untuk berkarya, namun menjadi cambuk untuk memacu dirinya untuk maju. Karyo (40) Warga Dusun Salaganggeng, Desa Kuta, Kecamatan Belik adalah sosok pemuda yang tangguh dan kreatif. Anak pasangan Rahyadi (80) dan Catiwen (60) mempunyai cacat fisik pada tangan dan kakinya sejak lahir.

Saat ditemui dirumahnya (21/5) sosok yang pendiam mengungkapkan, semua orang dihadapan Allah sama tergantung amal perbuatannya.

“Allah memberi saya seperti ini, harus kita syukuri jangan diratapi, hidup harus terus berjalan,” katanya.

Dia yang masih tinggal bersama kedua orang tuanya yang bekerja sebagai buruh tani, tak bisa mengikuti jejaknya. Tanpa dibekali kursus elektronik dia mampu merepasi peralatan elektronik. Keahlian lain yang dimilikinya adalah memotong rambut, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulilah rejeki ada saja kalau kita mau berusaha, baik dari potong rambut maupun service elektronik. Dari hasil kerja tersebut saya bisa bantu kedua orang tua dan mencukupi kebutuhan saya,” tambahnya.

Dari kegiatan service dan potong rambut Karyo (40) bisa mengantongi uang antara 20 Ribu sampai 50 Ribu.Dia tidak memasang tarif atas jasanya, bagi dirinya uang yang diberikan pelanggan adalah rejeki untuk dirinya.

Salah seorang tetangganya Dedy (18) mengungkapkan rasa kagumnya, walau tidak sekolah dia mampu membaca dan menulis. Walau fisiknya tidak normal, Karyo adalah sosok pribadi pekerja keras.

“Dia sosok yang bisa dijadikan panutan, walau tidak berpendidikan dan tidak sempurna fisiknya, namun dia mempunyai banyak bakat. Hasil pekerjaannya rapi dan tidak mengecewakan pelanggan,” katanya.

Apa yang dikerjakan dia selalu sungguh-sungguh dan bertanggungjawab, sehingga pelanggannya banyak. Selain keahlian yang disebutkan diatas , dia juga punya keahlian merangkai power sound system dan servis panggilan luar desanya.

“Karena keterbatasan biaya untuk buka usaha,sampai saat ini masih buka jasa potong rambut dan servisnya di rumah, dengan peralatan seadanya. Harapan bisa memiliki tempat usaha,dan peralatan lengkap,agar ushanya lebih maju dan dikenal banyak orang.(Spm/HN/Bas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]