Post Page Advertisement [Top]

BeritaKulinerperempuan

Ibu-ibu PKK Sikasur Dilatih Membuat Keripik Tempe

Sikasur (suarawarga belik.com) – Kelompok PKK dari Dukuh Siparuk, Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang mengadakan pertemuan rutin bulanan yang dihadiri oleh puluhan ibu-ibu dari masing-masing Rukun Tetangga (RT) dengan mengikuti pelatihan kemandirian wira usaha membuat keripik tempe yang dipandu oleh Asih Sayekti di rumah Supriantin, Kamis (19/10).

Dengan pelatihan pembuatan keripik tempe Asih Sayekti berharap agar ibu-ibu tidak hanya sebagai konsumtif tetapi juga harus bisa berproduktif.

  "Ibu-ibu harus bisa mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan disamping untum menambah penghasilan," begitu paparnya.

Salah satu anggota kelompok, Anggita Yeni (25) merasa senang karena dengan pelatihan pembuatan keripik tempe, ibu PKK dapat menambah pengalamannya.

“ Diharapkan ibu-ibu di Dukuh Siparuk bisa memanfaatkannya dan bisa menjadikannya sebagai usaha rumah tangga untuk menambah penghasilan,” harapan Ketua PKK Dukuh Siparuk, Sri (45).

Dalam penutupan acara tersebut. Proses pembuatannya sangat mudah dan praktis. Pertama, kita membeli tempe yg belum jadi, masih berupa kedelai. Kedua, kita siapkan aci (tepung singkong) lalu dicampur jadi satu kemudian dibungkus pakai plastik es.

Setelah itu, fermentasikan dalam waktu 40 jam atau 2 hari. Setelah jadi tempe, diiris tipis- tipis kemudian digoreng. Taburi bumbu selagi hangat menurut selera. Biasanya jika ingin dijual, keripik tempe juga bisa dipacking sesuai yg diinginkan. Keripik tempe siap dinikmati. Harganya sangat murah dan terjangkau, harga ¼ kilogram hanya Rp10.000. (Mus/LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]